Cara Praktis Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Harus Ke Tempat Service

Cara Praktis Mengatasi Laptop Lemot

Laptop adalah generasi terbaru dari PC (personal computer) yang lebih praktis dan mudah dibawa. Laptop sudah menjadi salah satu bagian vital dari manusia di bidang teknologi. Penggunanya sangat luas, dari kalangan siswa, mahasiswa, dosen, dan karyawan kantor.  Kegunaannya juga beragam, mulai untuk mengerjakan tugas, gaming¸ maupun mengerjakan sistem aplikasi. Laptop dipercaya bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan cepat dan praktis. Maka dari itu, apabila laptop kamu lemot tentu sangat mengganggu, apalagi saat buru-buru mendapatkan sesuatu yang sedang dibutuhkan melalui laptop. Namun kamu jangan khawatir, mari kita bahas cara praktis mengatasi laptop lemot.

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang cara praktis mengatasi laptop lemot adalah mencari penyebab kenapa laptop kamu bisa lemot. Masalah umum laptop mengalami kelemotan memang biasanya karena memori yang terlalu penuh, namun bukan hanya itu saja, beberapa contoh lain yang membuat laptop kamu jadi lemot misalnya:

  • Kapasitas RAM yang memang terlalu kecil
  • Adanya virus/malware yang sedang menyerang laptop
  • Menjalankan banyak program dalam satu waktu
  • Menjalankan program yang berat
  • Hardware mengalami masalah
  • Terlalu banyak sampah file yang menumpuk
  • Terlalu banyak program yang terinstal pada laptop tanpa kapasitas RAM tambahan.

Jika penyebab lemotnya laptop kamu sudah ditemukan, langkah selanjutnya adalah memahami cara-cara mengatasi laptop lemot kamu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam menangani latop yang lemot, diantaranya yang dapat kamu coba:

  1. Menambah Kapasitas RAM

Menambah kapasitas RAM adalah salah satu cara mengatasi laptop lemot yang bisa kamu lakukan. Apalagi jika laptopmu berumur lebih dari 5 tahun dan melakukan upgrade windows. Tentu saja jika sekitar 5 tahun yang lalu windows yang umum digunakan masih windows 7 atau windows 8. Kemudian setelah munculnya windows 10 banyak yang berbondong-bondong pidah ke windows 10, kapasitas RAM yang mepet akan mempengaruhi kinerja laptopmu. Cara mengatasi laptop lemot windows 10 memang paling efektif dengan meningkatkan kapasitas RAM.

  1. Menggunakan Netbook Cooler

Meskipun netbook cooler digadang-gadang tidak baik jika digunakan terus menerus, tapi menggunakan netbook cooler ternyata cukup efektif mengatasi laptopmu yang lemot karena suhunya terlalu panas. Untuk menghindari kerusakan, gunakan netbook cooler saat suhu laptopmu panas, dan berhenti menggunakannya setelah suhu laptop kamu dirasa cukup dingin.

  1. Uninstal Aplikasi Besar yang tidak terpakai

Cara megatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan mengunistall aplikasi besar yang kamu rasa tidak terlalu terpakai. Cara ini tentu sangat efektif jika kapasitas laptop kamu penuh sehingga laptop menjadi lemot.

  1. Bersihkan Desktop

Cara Praktis Mengatasi Laptop Lemot

Isi desktop yang banyak ternyata berpengaruh dengan kinerja laptop kamu, gaes. Untuk mengurangi kinerja yang terlalu berat yang membuat laptop lemot, tentu saja kamu bisa menghapus isi desktopmu yang dirasa tidak cukup penting.

  1. Rajin Scanning Virus

Scanning virus juga merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot kamu. Sebab beberapa virus dapat menyebabkan memory RAM semakin sempit sehingga membuat kinerja laptop menjadi lemot.

Baca Juga :  Laptop Asus X 550 Z untuk Memuaskan Hobi Bermain Game Kamu

Cara-cara di atas bisa kamu coba dengan menyesuaikan kebutuhan latopmu. Semoga cara yang kamu gunakan sesuai dan bisa menjadikan kinerja laptomu kembali cepat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *