Berbagai Masalah Baterai Laptop Asus dan Tips Mengatasinya

baterai laptop asus

Asus adalah salah satu merk laptop yang cukup diperhitungkan, selain karena memiliki type yang berbagai macam, laptop asus juga memiliki software esklusif. Berbagai kelebihan lain yang dimiliki laptop asus adalah eye care technology, sonic master technology, audio wizard, tru2life technology, dan superbatt technology.

Meskipun punya segudang kelebihan, laptop asus juga memiliki beberapa masalah yang sering dihadapi. Salah satu masalah yang kerap dihadapi pada pengguna laptop asus adalah baterai laptop asus yang tidak dapat mengisi atau baterai plugged in not charging win 10. Masalah pada baterai laptop asus ini dapat terjadi karena rusaknya driver pengisian pada laptop. Kerusakan baterai laptop asus ini secara kasat mata ditandai dengan status baterai yang berhenti mungkin di angka 0% atau di angka yang lainnya.

Secara garis besar, penyebab masalah ini bisa terjadi karena 4 sebab, yaitu:

  • Power adapter rusak
  • Hardware laptop rusak
  • Baterai laptop rusak
  • Windows bermasalah.

Dari penyebab-penyebab tersebut, kemungkinan besar masalahnya terjadi akibat windows bermasalah. Tepatnya pada driver pengisian yang rusak sehingga muncul pemberitahuan baterai plugged in not charging. Untuk mengatasinya cukup simpel, yaitu dengan instal ulang driver yang bernama Microsoft ACPI-Compliant Kontrol.

Namun jika baterai laptop asus berada di masalah plugged in charging tapi tidak mengisi, maka masalah yang terjadi adalah baterai laptop terhubung dengan charger namun tidak mau mengisi daya. Hal tersebut tentu saja membuat kamu khawatir, tapi kamu bisa mengatasinya sendiri dengan berbagai tips yang bisa kamu lakukan

  1. Pastikan kabel charger terpasang dengan benar ke laptop

Kadang charger laptop sangat sensitif, maka harus terhubung ke laptop pada keadaan yang benar. Pastikan bahwa adapter tersambung dengan kabel sambungan dengan benar. Serta kabel jack yang masuk tersambung ke laptop. Apabila charger yang kamu gunakan kurang stabil, coba untuk posisikan kabel jack pada adapter charger dengan benar hingga baterai menginfokan telah mengisi daya.

Baca Juga :  Ini Dia Pilihan Laptop Terbaik Mahasiswa Teknik

Sebagian charger laptop tidak memiliki kabel jack yang pas, sehingga perlu posisi yang stabil agar bisa mengisi daya. Agar posisi tetap stabil, bisa disiasati dengan memberikan solasi pada kabel jack agar tetap menempel secara stabil ke laptop atau kamu bisa memberi ganjalan yang akan membantu kabel jack masuk dengan posisi yang stabil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai laptop asus yang tidak bisa terisi.

  1. Pastikan kabel charger tidak terlilit

Kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan adalah kurang memerhatikan kabel charger. Jika kabel masih dalam keadaan tergulung saat charging, maka bisa menimbulkan kerusakan pada charger. Hal tersebut yang mengakibatkan baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi.

Apalagi jika charger langsung digulung dalam keadaan masih panas, kerusakan yang lebih besar bisa terjadi, termasuk not charing. Solusinya, jika terlanjur terjadi, kamu bisa merenggangkan kabel adaptor. Tunggu dingin terlebih dahulu, lalu hubungkan kembali ke laptop.

  1. Mengistirahatkan Adaptor

Cara selanjutnya ntuk mengatasi baterai laptop asus plugged in charging tapi tidak mengisi adalah dengan mengistirahatkan adaptor. Adaptor charger yang terlalu sering digunakan biasanya akan cepat panas. Jika panas, cabutlah adaptor dari laptop dan biarkan menjadi dingin terlebih dahulu. Biasanya, charger yang overheat akan berakibat charger rusak. Ada baiknya, mulailah charger laptop dalam kondisi yang dingin

  1. Mengecek kondisi baterai laptop

baterai laptop asus

Baterai laptop asus yang tidak mengisi bisa saja terjadi ada kerusakan. Cobalah untuk mematikan laptop, lalu cabut baterai dan diamkan selama beberapa jam. Kemudian masukkan kembali baterai, lalu charger. Apabila lampu indikator baterai tidak menyala berarti charger masih tidak bisa mengisi. Kalau begini, kamu harus membeli baterai yang baru.

  1. Coba ganti charger

Saat kamu menemukan charger yang tidak berfungsi, cobalah untuk meminjam terlebih dahulu milik teman. Lalu hubungkan charger itu ke laptop. Jika chargermengisi daya, maka masalah terdapat pada charger laptop kamu. Tetapi jika chargeryang kamu pinjam masih tidak mengisi daya, ada kemungkinan baterai laptop yang rusak.

Baca Juga :  Cara Menginstal Print Lewat Handphone Mudah dan cepat

Jika sudah kamu mencoba semua cara di atas dan ternyata memang baterai laptop asus atau charger kamu rusak, maka memang yang kamu lakukan adalah membeli baterai ataupu charger baru. Kamu bisa dapatkan baterai maupun charger tersebut di Bukalapak. Tersedia semua pilihan yang kamu butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *