Ini loh Bedanya Macbook Pro dengan Macbook Air!

Bedanya Macbook Pro Macbook Air

 Bedanya Macbook Pro Macbook Air

Kamu sedang mencari laptop dengan merek yang prestisius dan bisa digunakan untuk menjalankan proyek pekerjaan kamu dengan baik? Mungkin jawabannya adalah Macbook. Alasannya, Macbook memiliki daya tahan dan daya kerja yang sangat baik. Kamu bisa melakukan berbagai kerja berat dari mengembangkan web maupun desain grafis. Terlebih lagi, dengan merek ini, kamu akan mendapatkan gengsi yang tidak bisa ditawar lagi, karena Macbook adalah merek yang paling prestisius untuk laptop, sejauh ini.

Nah, bagi kamu yang mau memilih laptop keluaran Apple ini, terkadang kebingungan bukan mau memilih Macbook Air atau Macbook Pro. Keduanya sebenarnya sama-sama bagus dan prestisius. Namun, ada sedikit perbedaan pada harga dan performa. Apa saja bedanya Macbook Pro dengan Macbook Air? Penjelasan berikut ini mungkin akan membantumu mengenali keduanya dan menentukan pilihanmu.

Ini loh Bedanya Macbook Pro dengan Macbook Air!

Macbook Pro

 Bedanya Macbook Pro Macbook Air

Macbook Pro sebenarnya adalah seri Macbook yang lebih dahulu keluar dibanding Macbook Air. Seri ini adalah komoditas utama dari Macbook saat itu sebagai solusi penggunaan perangkat Apple yang bisa dibawa ke mana-mana dan bisa menjalankan kerja yang cukup rumit dan berat.

Beberapa dari penggemar teknologi baru, menyebut seri ini adalah seri tradisional karena bentuknya yang cukup besar dengan bobot yang lumayan. Akan tetapi, fitur-fitur seperti cd room dan berbagai colokan/konektor ke perangkat lain, untuk tujuan kerja,  masih cukup lengkap di seri ini.

Tidak hanya itu, Macbook Pro juga cocok untuk kerja berat seperti desain grafis karena kapasitas penyimpanan yang cukup luas (500 GB/750 GB) serta RAM 8 GB yang bisa diupgrade hingga 16 GB. Dengan spesifikasi tersebut, kamu tidak perlu khawatir untuk menyimpan file-file kerjamu dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan RAM yang besar untuk kecepatan kerjanya. Ukuran layarnya cukup besar, hampir sama dengan laptop pada umumnya, yakni 13 inci dengan resolusi 1280×800 piksel. Dan tentunya, kamu dapat tambahan remote infra-merah untuk penunjang presentasi kamu.

Baca Juga :  Inilah Spesifikasi Xiaomi Redmi 6 Pro RAM 4GB yang Sempat Ramai Dibicarakan!

Macbook Air

 Bedanya Macbook Pro Macbook Air

Sementara itu, Macbook Air adalah keluaran yang lebih baru dari Macbook. Karena keluaran baru, Macbook memiliki beberapa keunggulan yang mungkin disukai oleh kalangan milenial. Misalnya saja, bentuknya yang lebih tipis dan elegan. Tentunya, meskipun tipis, laptop ini berbahan metal sehingga bodynya kokoh. Selain itu, desainnya juga lebih cantik dan menarik. Layar 11 dan 12 incinya memiliki resolusi 1440×900 piksel. Ini artinya tampilan warnanya akan lebih kaya dan menawan.

Meskipun lebih baru, Macbook Air memiliki beberapa kekurangan dibandingkan Macbook Pro. Kekurangan ini terlihat jelas pada segi spesifikasi. Macbook Air memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih sedikit, yakni 128 GB/256 GB. Selain itu, dari segi prosesor dan RAM yang hanya 4 GB, Macbook Air ini juga cukup ngos-ngosan untuk diajak kerja berat.

Walaupun, untuk kerja sehari-hari dengan pemakaian normal, laptop ini masih bisa bekerja dengan baik. Tentunya, jika kamu butuh banyak konektor untuk disambungkan ke laptop ini sebagai sarana kerja dan presentasi, mungkin ini bukan pilihan pas. Sebab, akses dengan kabel LAN dan USB-Ethernet sangat terbatas. Juga, laptop ini tidak dilengkapi koneksi dengan remote infra-merah Apple sehingga kamu perlu menggunakan iPhone atau iPad jika ingin mengontrol presentasi jarak jauh.

Nah, itulah paparan mengenai perbedaan macbook pro dan macbook air. Secara garis besar, kalau kamu hanya menginginkan prestise dengan harga yang lebih terjangkau dan kerja yang tidak terlalu berat, kamu bisa pilih Macbook Air. Akan tetapi, kalau kamu butuh spesifikasi yang lebih mumpuni untuk kerja berat, seperti desain grafis, kamu disarankan memilih Macbook Pro. Catatan, keduanya bukan laptop yang cocok untuk gaming. Jadi, kalau kamu mau menggunakan laptop untuk aktivitas gaming kamu, sebaiknya kamu cari laptop gaming yang difasilitasi oleh brand lain.

Baca Juga :  Dapatkan Smatphone Huawei Terbaik dengan Prosesor Kirin 659

Akhir kata, selamat menimbang dan memilih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *